Membeli Rumah Baru VS Membeli Rumah Bekas




Membeli rumah dengan harga yang terjangkau sudah bukan lagi hal yang sulit untuk dilakukan. dengan adanya program KPR dan rumah subsidi semua masyarakat bisa memiliki hunian pribadi yang layak. Tidak ada perbedaan usia untuk menentukan kelayakan membeli rumah, saat ini tidak sedikit kaum milenian berusia 20 tahunan sudah mulai menabung atau menjalakan proses kredit untuk membeli rumah murah di Bandung. Meski begitu ternyata masih ada beberapa masyarakat yang kebingunan untuk membeli rumah. Apa yang mereka pikirkan?

Ternyata tidak sedikit masyarakat yang masih dibingungkan dengan kondisi rumah yng harus mereka beli, apakah rumah baru atau rumah bekas ? nah, bagi kamu yang mengalami dilemma seperti ini yuk simak ulasan dibawah ini untuk memahami kedu arumah tersebut lebih dalam.

RUMAH BEKAS

Kelebihan :
1.      Harga
Rumah bekas sudah dipastikan memiliki nilai jual yang lebih miring bila dibandingkan dengan rumah baru. Buat kamu yang memiliki dana ternabatas namun ingin memiliki rumah pribadi, pastikan untuk memilih yang satu ini. Karena kondisinya yang sudha pernah ditempati atau dipakai oleh pemilik sebelumnya, terlebih lagi bila sudah bertahun – tahun, pasti aka nada penurunan harga dibandingkan dengan rumah baru yang memiliki tipe sama. Bahkan bila kita beruntung, nilai jual yang ditawarkan oleh pemilik bisa saja kita nego kembali. Namun ingat harga yang kamu tawarkan haruslah wajar. Sesuaikan dengan lokasi dan keberadaan bangunan. Lihat juga bila ada beberapa bagian rumah yang mengalami kerusakan atau cacat yang butuh perbaikan atau renovasi.
2.      Siap huni
karena sudah pernah ditempati, tentu pembeli bisa langsung menempati rumah murah di Bandung ini. Beda halnya bila kamu membeli rumah baru, butuh waktu untuk bangunan berdiri utuh. Selain itu rumah bekas memiliki lingkungan yang sudah ada fasilitas umum cukup lengkap denganlingkungan yang stabil. Mulai dari listri, air, saluran telepon sudah siap kamu gunakan. Bahkan sertifikat dan surat rumah lainnya sudah lengkap kamu terima.
3.      Sudah banyak dekorasi
Rumah bekas tentu sudah mengalami beberap amodifikasi atau dekorasi oleh pemiliknya. Bila hal tersebut cocok dengan seleramu, kamu tidak lagi perlu mengkreasikan rumah dengan beragam modifikasi lagi. Tidak perlu lakukan renovasi.

Kekurangan rumah bekas
1.      Butuh perbaikan
Rumah yang sudah pernah dihuni, perbaikan tentu harus kamu lakukan pada beberapa bagian yang mengalami kerusakan atau cacat. Bila kamu salah memilih rumah bekas, bisa jadi biaya renovasi akan keluar lebih besar. Kamu harus bersiap dengan beban pengeluaran ini. Inilah yang menjadi alasan mengapa membeli rumah baru harus lebih cermat meneliti kondisi dan kualitas rumah murah di Bandung.

2.      Tidak sesuai keinginan
Bisa jadi bentuk dan model rumah bekas tidak sesuai dengan keinginan kita. Apalagi bila usia rumah tersebut lebih dari 10 tahun. Tipe nya pun sudah banyak dimakan zaman.

RUMAH BARU
Kelebihan :
1.      Bangunan Berkualitas
Rumah baru tentu memiliki kondisi dan kualitas bangunan yang sangat prima dan kokoh. Dari segi tampilanpun tampak lebih menarik dengan desain dan bentuk terkini. Tidak aka nada kerusakan sehingga tidak aka nada lagi biaya tambahan
2.      Lingkungan
Bila kamu tidak terlalu suka kebisingan atau keramaian. Rumah baru merupakn pilihan yang tepat. Biasanya rumah baru memiliki lingkungan yang masih belum terbentuk dengan penghuni yang masih sedikit.
3.      Asuransi
Setiap pengembang tentu sudah mempersiapkan fasilitas untuk pembeli, salah satunya dengan adanya asuransi. Asuransi ini meliputi asuransi jiwa dan kebakaran.

Kekurangan :
1.      Harga mahal
Karenakondisinya yang masih fresh dan baru serta belum pernah dipakai. Pasti nilai jualnya lebih tinggi dari rumah bekas. Material yang masih sangat kokoh dengan desain rumah terkini menjadi faktor nilai jual rumah tinggi.
2.      Sabar menunggu
Rumah baru cenderung dalam kondisi inden atau masih tahap pembangunan butuh waktu satu hingga dua tahun untuk menyelesaikannya hingga berdiri kokoh.
3.      Infrastruktur belum lengkap
Fasilitas seperti listrik, saluran telepon, air hingga kelengkapan surat rumah masih belum ada. Kamu harus memprosesnya sendiri atau meminta bantuan developer.
4.      Resiko developer nakal
Ini yang harus kamu waspadai saat memilih developer atau pengembang. Pastikan untuk memilih developer yang direkomendasikan oleh kerabat , teman atau keluarga agar lebih aman. Atau kamu bisa memilihnya sendiri dengan memilik developer ternama, memiliki reputasi baik dan kredibilitas yang dapat kamu percaya.

Pada intinya apapun rumah murah di Bandung yang akan kamu beli, sesuaikan rumah dengan kebutuhanmu dan kondisi keuangan. Bila dirasa tidak bisa membeli secara tunai, kamu bisa mengajukan KPR untuk membayar rumah lebih ringan. Pastikan untuk memilih produk KPR yang sesuai kemampuan. Jangan sampai kamu menyerah untuk membayar cicilan di pertengahan jalan. Lakukan simulasi dan perbandingan pada setiap produk pilih yang mampu kamu atasi angsurannya.

Komentar