Mengapa Kipas Angin AC Lebih Baik Dibandingkan Air Conditioner


Air Cooler atau kipas angin ac memang memiliki cukup banyak perbedaan dengan air conditioner, tapi di antara perbedaan-perbedaan yang ada, anda perlu tahu apa yang membuat air cooler lebih baik dibandingkan air conditioner. Mari kita bahas bersama mengapa air cooler atau kipas angin ac lebih baik jika dibandingkan dengan air conditioner pada artikel di bawah ini.

Mekanisme pendinginan yang lebih ramah lingkungan
Tahukah anda bahwa air conditioner menggunakan kompresor dan refrigeran (CFC, HFC, FC, dll) untuk bisa menghasilkan udara dingin yang menurunkan suhu ruangan? Penggunaan refrigen pada air conditioner ini menghasilkan gas rumah kaca yang dapat merusak lapisan ozon. Setiap anda menyalakan air conditioner, berarti anda turut andil dalam kerusakan lingkungan yang ada saat ini.
Lalu, bagaimana jika anda ingin tetap menjaga lingkungan namun juga tidak dapat memungkiri bahwa anda juga butuh udara sejuk demi kenyamanan di rumah anda? Tidak perlu khawatir, air cooler atau kipas angin ac bisa menjadi pilihan anda.

Air cooler atau kipas angin ac jauh lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan penggunaan air conditioner. Hal ini dikarenakan udara sejuk yang dihasilkan oleh air cooler adalah udara yang dihasilkan melalui proses penguapan air yang bisa dibilang alami. Bahkan penguapan air yang terjadi pada air cooler sama seperti penguapan air yang terjadi pada tubuh kita ketika berkeringat. 

Kelembaban udara lebih terjaga
Anda mungkin sudah tahu bahwa air cooler atau kipas angin ac akan bekerja dengan lebih maksimal di ruangan yang memiliki ventilasi udara yang cukup sementara air conditioner bekerja lebih baik di ruangan tertutup. Jika air conditioner membuat udara menjadi kering, air cooler bekerja dengan melembabkan udara.
Jika anda menaruh air cooler di ruangan dengan ventilasi udara yang baik, maka dapat dipastikan kelembaban udara akan lebih terjaga dan stabil. Mungkin anda belum tahu, tapi tingkat kelembaban udara yang terjaga akan berpengaruh pada kesehatan tubuh anda secara keseluruhan. Sementara jika anda terlalu sering berada di tempat yang memiliki udara yang kering, anda akan memiliki resiko flu dan batuk yang lebih tinggi. 

Lebih hemat listrik
Ini mungkin merupakan salah satu keunggulan air cooler atau kipas angin ac yang paling signifikan jika dibandingkan dengan air conditioner. Sebuah unit air cooler atau kipas angin ac memiliki konsumsi daya listrik yang jauh lebih rendah dibandingkan sebuah unit air conditioner. Jika sebuah air conditioner membutuhkan daya listrik ratusan hingga ribuan watt dalam pemakaiannya, air cooler atau kipas angin listrik hanya membutuhkan belasan hingga ratusan watt saja. Hal ini tentunya berdampak cukup besar dalam jumlah biaya pemakaian listrik yang harus anda bayarkan. Mengganti pemakaian air conditioner ke pemakaian air cooler atau kipas angin ac dapat menghemat biaya listrik ada dalam jumlah yang cukup besar. Selain itu, jumlah konsumsi daya listrik yang rendah membuat air cooler atau kipas angin ac dapat digunakan oleh hampir semua kalangan rumah tangga dengan daya listrik yang berbeda.

Harga yang lebih terjangkau
Selain konsumsi daya listrik yang rendah, air cooler atau kipas angin ac juga memiliki harga beli yang jauh lebih rendah. Untuk mendapatkan sebuah unit air conditioner anda harus merogoh kocek jutaan rupiah, sementara air cooler atau kipas angin ac bisa anda dapatkan dengan harga mulai dari ratusan ribu rupiah saja, sangat jauh berbeda bukan?
Tentunya air cooler atau kipas angin ac dapat menjadi pilihan utama untuk ada yang memiliki anggaran terbatas untuk membeli sebuah alat penurun suhu udara.

Perawatan yang lebih mudah
Memiliki sebuah perangkat elektronik rumah tangga berarti anda juga harus berkomitmen untuk melakukan perawatan rutin agar masa pakai alat tersebut bisa lebih lama. Dibandingkan dengan air conditioner yang perawatannya cukup rumit dan membutuhkan tenaga ahli, perawatan sebuah air cooler atau kipas angin ac sangatlah mudah dan bisa anda lakukan sendiri di rumah. Selain itu waktu yang dibutuhkan untuk membersihkan sebuah air cooler juga lebih sedikit dibandingkan dengan membersihkan sebuah air conditioner dikarenakan tingkat kerumitannya yang cukup berbeda.

Mobilitas jauh lebih tinggi
Satu lagi keunggulan yang jelas signifikan dari air cooler atau kipas angin ac jika dibandingkan dengan air conditioner adalah mobilitas air cooler yang tinggi. Air cooler bisa dengan mudah dipindahkan ke mana saja anda inginkan karena desain bodynya yang sudah dilengkapi dengan roda, sementara sebuah air conditioner harus diletakkan menempel dengan dinding dan posisinya semi permanen alias tidak bisa dengan mudah dipindahkan sesuka hati anda.

Nah sudah jelas kan, dengan berbagai pertimbangan tertentu anda bisa mengatakan bahwa air cooler atau kipas angin ac memang lebih baik daripada air conditioner.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membeli Rumah Baru VS Membeli Rumah Bekas